English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 16 November 2009

The Fact About Caffeine

Cappuccino, mochacino, frapuccino, cafe latte...Uh! enaknya pol! Eits, awas! Kopi ternyata bisa bikin addict juga lho!



    Iya, soalnya dalam biji kopi tuh ada zat bernama caffeine (udah tau donk?). nah, caffeine ini kalo udah masuk ke dalam badan hobinya nebar racun di darah dan sistem saraf pusat. Mengacaukan keja organ-organ tubuh (terutama yang vital kayak jantung dan memori otak), lewat perantara darah dan sistem saraf pusat!
    Caffeine yang secara alamiah sebenarnya ada juga di dalam teh dan cokelat ini kadanya emang paling banyak dalam biji kopi. Makanya kalo orang minum kopi, biarpun baru nyoba pertama kali dan cumaminum segelas, tetap aja langsung ngerasain efeknya.
    Nggak percaya?

    Coba aja lo perhatiin reaksi yang terjadi badan masing-masing kalo abis nenggak kopi! Beberapa menit setelah tuh kopi lewat ke kerongkongan, elo pasti bakal ngerasa badan lo lebih segar. Mata lebih melek dan badan lebih aware.
    Trus, kira-kira 30 menit kemudian mulai deh keluar semangat yang menggebu-gebu. Pokoknya capek hilang, ngantuk apalagi! Bawaanya kalo nggak terus-terusan mikir, jadi kepengen gerak melulu.
    Reaksi yang paling cepat terasa begitu nelan kopi adalah aliran darah dan detak jantung yang jadi lebih kencang. Udah itu-pelan-pelan kita jadi kepengen minum melulu. Itu tanda-tanda kalo caffeine mulai bikin badan kekurangan cairan! Kalo racun caffeine udah nyebar rata, baru deh kaepala sama leher terasa berat!
    Sikon begini bakal terus bertahan sampe kira-kira 4 jam ke depan, sebelum akhirnya stamina tubuh bakal merosot tajam!
    So, sensasi yang ditimbulkan oleh efek-efek caffeine itu yang bikin kita lama-lama jadi kiecanduan!
    Yah, emang nggak seberat kecanduan drugs sih. Tapi kecanduan kopi tetap saja punya yang namanya toleransi dan withdrawal syndrom (sindrom putus zat, RED.), kayak putau CS.
    Kalo dah kecanduan kopi, dosis kopi yang mesti di minum makin hari makin bertambah. Yang tadinya cukup dua cangkir sehari, lama-lama nambah jadi tiga, empat, lima cangkir, dalam sehari. Soalnya, karena sudah terbiasa, efeknya lama-lamakan makin kurang terasa! Padahal maksimal sehari kita Cuma boleh minum 400-450 mg kopi aja loh.
    Kalo nggak minum kopi gimana? Wuiih.. kepala jadi pusing, pikiran susah fokus, badan juga serasa kayak lagi sakit! Lemes dan kurang bergairah. Kacau!
    Nah, lain kali ngopi-ngopi, sambil dikira-kira juga kali ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar