English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 16 November 2009

Tips jitu nyari tempat kost

Baru ngerasain jadi pendatang baru di sebuah kota, dan belum punya tempat tinggal? Nggak usah panik. Ikuti aja tips di bawah ini, dijamin elo lebih gampang buat hunting tempat kos.








1.Tentui daerah mana yang mau dipilih. Idealnya, nyari tempat kos ya yang dekat. Tapi ini bukan keharusan. Nyari daerah yang sedikit lebih jauh boleh juga, kan sekalian biar elo tau jalan. Yang pasti, cari tempat kos yang akses kendaraannya gampang, dan nggak susah buat nyari makan.

2.Dimana ada universitas atau perkantoran, di sekitar situ biasanya banyak bercokol tempat kos-kosan. Jadi pilih aja kawasan yang elo suka, dan mulailah hunting. Lebih baik nyari kos tuh siang menjelang sore, biar lebih gampang ngeliat keadaan kamarnya.

3.Pembantu rumah tangga adalah informan nomer satu. Nggak percaya? Misalnya elo pingin kos dijalan mawar, tapi nggak tau apakah ada rumah yang dikos-in. Samperin aja pembantu-pembantu lagi nyapu atau bergerombolan, dan tanya rumah mana yang dikos-in. Pembantu kan suka ngumpul sore-sore buat ngegosip. Pasti mareka tau rumah mana yang dikos-in.

4.Liat iklan di kolom indekos di koran-koran. Jangan nyari di koran yang buat orang tua, karena tempat kosnya kebanyakan buat karyawan (yang pasti mahal-mahal).

5.Nanya temen-temen dilingkungan rumahnya termasuk daerah kos-kosan. Kalo dari mereka, keuntungannya elo bisa tau kualitas tempat kosnya. Misalnya, anaknya tua-tua atau rumahnya suka kebanjiran.

6.Inget, tempat kos itu jadi rumah lo yang ke dua. Cari yang paling sreg buat elo. Jangan langsung mutusin ngambil salah satu kamar, apalagi hanya karena ongkosnya murah banget. Mendingan nyari lagi dua atau tiga tempat lagi biar dapet yang paling enak dan asik. Murah, bersih, strategis, nyari makan gampang, anak ibu kosnya cakep-cakep....

7.Kalo lo bener-bener belum nemu yang cocok, dan butuh banyak perbandingan, beli aja buku daftar kos. Nomer teleponnya bisa elo dapetin di kolom indekos di bagian surat kabar. Tinggal bayar ongkos ganti, terus bukunya dikirim ke tempat lo.

8.Buku daftar kos ini punya kelebihan di data alamat dan nomer telepon. Sayangnya, banyak perusahaan jasa buku daftar kos yang nggak meng-update datanya. Jadi, elo harus rajin nelpon untuk memastikan masih ada kamar kosong. Soalnya banyak juga rumah yang terdaftar di sana sudah nggak dikos=in lagi, atau malah rumah kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar