English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 26 September 2010

Memilih “Memory” Sesuai Kebutuhan

 Kecepatan Personal Computer (PC) seringkali mempengaruhi kecepatan anda dalam bekerja. Salah satu kompunen yang dapat anda tingkatkan adalah pada komponen memory-nya. Sebab, tidak jarang pekerjaan menjadi terhambat, gara-gara memory-nya kurang.
    Memory disini adalah memory utama dalam sistem komputer atau yang biasa dikenal dengan istilah RAM (Random Acces Memory). Ram adalah suatu tempat menyimpan data temporary komputer. Ya, semakin besar kapapsitas memory, semakin banyak program yang dapat anda jalankan dalam sekali waktu.
    Selain itu, tempat penyimpanan data pun menjadi lebih luas sehingga akses komputer anda menjadi lebih cepat. Performa memory juga merupakan faktor penting, sebab memory dengan kecepatan tinggi dapat mentransfer data lebih cepat. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih memory yang tepat.
    Sebelum menentukan memory, pastikan terlebih dulu tujuan pemakaian PC anda. Jika PC anda digunakan untuk perkerjaan-pekerjaan berat yang membutuhkan performa yang tinggi, gunakanlah memory yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang agak besar. Lain halnya jika anda hanya menggunaka PC untuk mengetik, gunakanlah memory dengan kapasitas yang standar.
    
Perhatikan juga merek dan tipe chipset pada motherboard. Walaupun hal ini tidak begitu berpengaruh terhadap PC itu sendiri, namun ada beberapa jenis chipset yang performanya mampu berjalan sangat tinggi bila dipasangkan dengan chipset memory tertentu.
    Kemampuan memory dalam mengalirkan data pun perlu diperhatikan. Salah satu caranya, perhatikan nilai CAS Latency pada memory modul yang akan dipasang. Semakin kecil nilainya maka semakin cepat aliran data yang dapat disalurkan.
    Jangan lupa juga perhatikan berbagai informasi yang berhibungan dengan memory yang akan anda pilih. Nomer seri pada modul memory biasanya dapat memberikan informasi lebih banyak. Diantaranya tahun pembuatan, merek chipset, negara produsen, dll.
    Demi kenyamanan dan keamanan PC anda, pililah merek memory yang sudah terbukti dan terjamin kualitasnya. Bahkan, beberapa merek yang sudah terbukti kualitasnya, memiliki jaminan garansi seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar