English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 28 Maret 2010

SEKILAS Matrix Reloaded dan Revolutions

Selain para pemeran utama dan figurannya, Reloaded dan Revolutions juga melibatkan sekitar 500 pekerja digital untuk pembuatan efek visualnya. Ini belum termasuk jumlah pekerja yang terlibat selama 270 hari jadwal produksi. "Di Australia saja, kedua film tersebut memerlukan lebih dari 3.500 pekerja dan ratusan pemain tambahan di samping 80 pemain tetapnya," kata Joel Silver.


Apapun bentuknya, efek spesial digunakan untuk meningkatkan dampak suatu obyek terhadap indera manusia. Obyek tersebut bisa berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan. Dengan demikian, diharapkan efek spesial bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap obyek tersebut.
Efek spesial merupakan kombinasi dari seni dan teknologi. Dari sisi teknologi, tidak cuma penguasaan teknologi yang digunakan, namun juga pengetahuan bagaimana indera manusia menangkap gambaran yang akan diterima oleh otak. Sedangkan sisi seni, berperan tentang bagaimana teknologi tersebut digunakan untuk mencapai hal tersebut. Yang akan dilakukan para ahli efek spesial adalah bagaimana menipu indera manusia, terutama audio-visual, bahwa seakan-akan hal tersebut terjadi.
Misalnya kita ingin efek peluru di matrix : menggunakan kamera kecepatan tinggi merekam peluru yg ditembakkan. hanya dalam 1 detik peluru meluncur, dihasilkan ribuan atau  jutaan frame. kalo film itu diputar dengan kamera biasa, kelihatannya seperti peluru bergerak lambat. Dikarenakan Aperture akan menghasilkan efek dari shutter speed rendah biasanya 1 detik keatas, adalah slow motion. Bila anda ingin melihat perbedaan efek shutter speed tinggi dengan rendah, coba anda foto sebuah keran air yang sedang menyala, satu dengan shutter tinggi, misal 1/500 dan satu dengan shutter rendah, misal 2 detik.
Efek peluru juga merupakan gabungan tampilan dimana kita harus mengatur latar. Membuat tampilan gerak yang menggunakan layar hijau (GREENSCREEN)dan COMPUTER GENERATED IMAGERY (CGI). Kemudian di gabungkan dengan tampilan peluru.
 Diibaratkan sebagai gerakan pikiran, dan kamera berkecepatan tinggi adalah kesadaran yang terlatih, sedangkan kamera berkecepatan biasa itu kesadaran yang tidak terlatih. hasilnya sama.. efek "slow motion"
Efek Spesial telah membawa dunia baru untuk kita lihat. Hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan seakan menjadi nyata di depan kita. Efek spesial telah merevolusi dunia hiburan. Perkembangan efek spesial sangat mengagumkan. Setiap kali duduk menonton film, kita selalu terkesima dengan efek spesial yang terbaru dan lebih canggih. Kreativitas orang di belakang efek spesial inilah yang memungkinkan semuanya terjadi.

1 komentar: