English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 27 Januari 2010

Jurus Merawat Rantai Motor

Black in news khususnya untuk para Black Motor Community. Salah satu komponen dalam sepeda motor yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah rantai sepeda motor. Namun terkadang beberapa orang kurang memperhatikan benda yang satu ini. Padahal jika tidak dirawat dengan benar, anda dapat terkena resiko kecelakaan. Nah, berikut ini adalah beberapa kita merawat rantai sepeda motor.

Pertama, periksalah bagian-bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu anda periksa adalah bagian pin dan sambungan pada rantai apakah pemasangannya sudah benar.
    Perhatikan apakah ada perubahan pada posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip/penguncinya berubah, dapat menyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika anda memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor dengan beban yang berat.
Kedua, ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Jarak simpangan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang atau kendurnya rantai. Oleh sebab itu, simpangan atau jarak kekencangan rantai harus di perhatikan. Informasi tentang hal ini dapat anda lihat pada stiker yang ada di tutup rantai roda.
    Ketiga, periksalah posisi antara rantai dengan penutupnya. Aturlah posisi rantai dengan penutupnya agak renggang. Hal ini akan menghindari terjadinya gesekan antara rantai dengan penutupnya sehingga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising.
    Keempat, pilihlah pelumas yang tepat untuk rantai anda. Hal ini akan membantu juga mengurangi keausan rantai dan sproket-nya dari gesekan. Selain itu, pelumas pun akan membuat umur rantai lebih awet.
    Kelima, segeralah periksa jika terdengar suara-suara yang aneh keluar dari rantai sepeda motor anda. Hal ini penting untuk menghindari berbagai macam kemungkinan yang dapat terjadi. Jika terdengar, segeralah berhentikan sepeda motor anda, kemudian periksa apa penyebabnya. Biasanya, salah satu penyebab timbulnya suara adalah karena longgarnya rantai sepeda motor.
    Keenam, periksalah kebersihan rantai sepeda motor anda. Ya, perawatan rantai sepeda motor agar tetap bersih perlu dilakukan secara berkala. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar