English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 03 Desember 2009

KEUNGGULAN LINUX



Open Source
    Linux merupakan salah satu sistem open source, yang berarti memberi kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal, dan atau mengubahnya sesuai keperluan tanpa terkena sanksi property right di bawah lisensi GNU.



Freeware
    Linux merupakan salah satu sistem yang freeware dibawah lisensi GNU, yang memungkinkan seorang secara pribadi, beberapa orang, maupun instansi untuk memakai dan menyebarkannya tanpa dituntut royalty oleh penciptanya. Hal ini sangat menguntungkan masyarakat dalam arti sempit, pengguna komputer dan negara secara luas. Selain menghemat devisa, juga akan semakin memperluas pengembangan sunber daya manusia.

Minimal Hardware
    Linux tidak memerlukan hardware yang mahal. Minimal, hardware ang dibutuhkan adalah prosesor intel 386 DX, dengan RAM minimal 8MB, serta kapasitas hard disk minimal 85MB. Utuk keperluan khusus, linux dapat dijalankan hanya dengan satu atau dua disket saja, misalnya pada komputer harddiskless dan router.

Skalabilitas
    Oleh NASA, Linux digunakan untuk percobaan tanaman, dengan menggunakan prosesor intel 486 DX-2 dan memory 4 MB, yang disyaratkan untuk terus hidup selama 4 hari berturut-turut di luar angkasa, tanpa boleh sekalipun mengalami gangguan.

Di lingkungan kantor, Linux biasa digunakan sebagai server. Jika sudah dikonfigurasi dengan benar untuk perangkat keras, pada umumnya Linux berjalan tanpa perlu reboot hingga perangkat kerasnya tidak berfungsi lagi atau tidak ada tegangan listrik atau memang sengaja dimatikan. Umur hidup yang berkelanjutan hingga ratusan hari atau lebih merupakan hal yang sudah biasa.

Shared Libraries
    Linux menggunakan penoeran versi shared libraries di Linux mencantumkan versi pada nama file-nya, sehingga memungkinkan untuk menginstal versi barunya tanpa merusak keterkaitan program lain. Sedangkan kebanyakan aplikasi Windows menginstal versi-versi baru dari Dynamic Link Libraries (DLL), yang pada umumnya mengakibatkan aplikasi lain yang meminta versi yang berbeda dari DLL tersebut tidak berfungsi semestinya. Penomeran versi dari shared libraries adalah satu hal yang mendasari stabilitas Linux.

Non-Fragmentasi
    Tanpa defrag dalam MS Windows yang memudahkan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit dan menghapus file tanpa kuatir terjadi fragmentasi pada data atua program yang ada. Karena Linux memakai sistem file ext2fs (Second Extended File System) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis. Dengan memakai ext2fs, kinerja baca tulis dari atau ke hard disk tetap terjaga.

Kebal Virus
    Linux kebal terhadap virus DOS/Windows. Ini merupakan hal terpenting jika anda mempertimbangkan untuk mempergunakan Linux. Linux juga mewarisi tradisi UNIX dengan mendukung adanya file permissions (ijin file), yang dapat mencegah perubahan atau penghapusan file tanpa ijin dari pemiliknya. Karena itu virus padadasarnya tidak dikenal didunia Linux. Bahkan di Linux sendiri sampai saat ini belum ditemukan virus yang benar-benar bisa merusak sistem operasi. Hal ini dikarenakan Linux adalah sistem operasi terbuka, sehingga rasa kebersamaan yang ditimbulkannya membuat Linux adalah milik setiap orang, bukan hanya milik pembuat atau pengembangannya saja.

Bugfix
    Masalah keamanan yang menyangkut sistem operasi itu sendiri biasanya diumumkan beberapa jam saja setelah ditemukan, diikuti dengan bugfix, workaround, advisory, dan sebagainya. Misalnya waktu ditemukan bug di hardware itu sendiri (processor pentium dengan bug FO OF), workaround sudah tersedia untuk download beberapa saat setelah diummkan adanya bug tersebut.

TCP/IP
     Linux memiliki native protocol TCP/IP sehingga semua yang memanfaatkan TCP/IP akan dapat dilakukan lebih cepat dibanding sistem operasi lain non-Unix sehingga resource komputer yang dibutuhkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengn sistem operasi lain.

File System 32 Bit
    Linux mendukung secara penuh file sistem 32 bit, bahkan 64 bit (Ultra Sparc), yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai server, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama(Power Linux-Beowulf: ratusan Cpu disusun secara bersama-sama sehingga seolah-olah merupakan satu komputer /CPU/ Server).

Multi User
    Dimana lebih dari satu orang yang dapa menggunakan program yang sama atau berbeda dari satu mesin yang sama, pada saat bersamaan, di terminal yang sama atau berbeda.

Multiconsole
    Dalam satu komputer, pengguna dapat melakukanlogin dengan nama user yang sama atau berbeda lebih dari satu kali, tanpa perlu menutup sesi sebelumnya. Multiconsole tidak hanya diberlakukan untuk CLI(Command Line Interface/ interpreter-antarmuka perintah baris), tetapi juga dapat di berlakukan untuk GUI(Graphical User Interface/ antar muka berbasis grafis). Multiconsole dapat di berlakukan di Linux karena Linux merupakan Non-Dedicated Server, tidak seperti novell Netware versi 4 kebawah yang Dedicated Server. Pada Non-Dedicated Server, user dapat bekerja seperti halnya melalui klien menggunakan komputer server selagi server bekerja melayani klien-klien yang ada.

Multitasking
    Yang memungkinkan anda mengaksesdata, atau mengeksekusi suatu program secara bersama-sama pada konsol yang berbeda tanpa takut terjadi stack atau hang pada sistem operasi. Anda bahkan bisa meng-copy, mengedit, menghapus satu file atau data secara bersamaan pada saat data atau file tersebut dieksekusi/ di-loading. Inilah kstabilan sistem operasi yang ditunjukan oleh Linix.

Virtual Memory
    Pemanfaatan memori secara maksimal. Virtual memory membuat Linix mempunyai kemampuan utuk mejalankan progra-program yanglebih dari seharusnya jika hanya menggunakan memori fisik saja. Sistem virtual memory di Linux melebihi penggunaan sederhana dari swap space. Program-program yang dijalankan lebih dari sekali akan dimasukan sekali ke memori, dan sistem virtual memory akan digunakan untuk menggabungkan satu program image (text area) dengan banyak data image. Hal ini berakibat penggunaan memori dari masing-masing program, mencegah program saling mengotori ruang memori program lain.

Login User
    Linux memiliki login user atau opertor yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pemakaian hingga 254 klien secara bersamaan, dan dilengkapi dengan password.

Akses Sistem File
    Linux mendukung 34 macam akses sistem file yang berbeda, antara lain Fat 16 untuk MS-DOS, 32/VFAT untuk MS-Windows, NTFS untuk mengakses Windows NT, HPFS, MINIX, UFS, SCO, XENIX untuk mengakses sistem operasi berbasisUnix, Apletalk untuk mengakses Apple, Marsnwe untuk mengakses Novel Netware, dan lain-lain.

Emulator
    Linux menyediakan Emulator Untuk menjalankan aplikasi yang di design untuk sistem operasi yang berbeda, misalnya:
DOSemu (DOS emulator), untuk menjalankan aplikasi DOS.
WINE (WINdows Emulator), untuk menjalankan aplikasi Windows 16 bit dan beberpa aplikasi Windows 32 bit.
Executor, untuk menjalankan aplikasi Macintosh.
IBCS, untuk menjalankan file executable FreeBSD, NetBSD, openBSD, SCO UNIX(TM), dsb.
Dengan menggunakan program VMWare, Linux bahkan bisa menjalankan Windows, Windows NT dari sistem operasi Linux secara bersamaan sehinga seolah-olah sistem opersai tersebut merupakan suatu program aplikasi biasa.

Partition Mounting
    Linux fleksibel di dalam Partition Mounting. jika sudah terbiasa menggunakan MS-DOS/MS Windows, anda akan menjumpai penggunaan partisi hard disk dari A:, B:, C: dan Z:, (hanya sampai 26 drive saja). Pada Linux, penggunaan simbol huruf dapa partisi tidak dijumpai. Linux biasanya melakukan mount partisi, file, direktori, atau alamat perangkat keras sebagai file, sehingga lebih fleksibel, karena tidak dibatasi oleh jumlah. Sebagai gantinya, anda dapat menjumpai direktori. Penamaan direktori ini sepenuhnya diserahkan kepada anda. Hal ini menjadi lebih penting jika banyak menggunakan hard disk.

Proxy Server local
    Linux dilengkapi dengan Proxy Server local yang sama dengan yang digunakan oleh mayoritas ISP dan kampus-kampus di seluruh dunia.

Transparent Proxy
    Linux dilengkapi Transparent Proxy sehingga semua klien seolah-olah dapat berhubungan dengan internet tanpa ada pembatas, yang memungkinkan banyak aplikasi yang berjalan.

Web Server
    Linux bisa digunakan sebagai Web Server engan perangkat lunak Apache yang dapat digunakan sebagai basis www; isi web server (optional).

FTP Server
    Linux dapat digunakan sebagai FTP Server sehingga memungkinkan klien untuk men-download suatu program atau data pada saat bersamaan.

Remote
    Server Linux dapat dikonfigurasikan dan diperbaiki secara remote (jarak jauh).

Firewall
    Linux dilengkapi dengan Firewall yang digunakan untuk mengatur jalanya lalu lintas data agar lebih lancar, sehingga lebih tahan erhadap ancaman luar dan dalam.

Shell Programmable
    Yang memungkinkan sistem untuk menerima perintah dari user dan menjalankannya. Shell merupakan salah satu antarmuka dala Linux yang bersifat CLI (Command Line Interpreter/ interface).

Program
    Distribusi Linux menyediakan semua program dan aplikasi networking, sehingga anda tidak perlu mencari, membeli, atau mendownload aplikasi tambahan lagi. Metode pengelolaan aplikasi-aplikasi tersebut juga tersedia dalam antar muka CLI maupun GUI.

Linux mendukung fasilitas GUI (Graphic User Interface).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar